Senin, 02 Maret 2009

Kabupaten Wonosobo


Provinsi Jawa Tengah
Ibu kota Wonosobo
Luas 984,68 km2
Penduduk
· Jumlah 760.000 (2003)
· Kepadatan 772 jiwa/km²
Pembagian administratif
· Kecamatan 15
· Desa/kelurahan 265
Dasar hukum UU No. 13/1950
Tanggal -

Bupati Kholiq Arif
Kode area telepon 0286

DAU Rp. 243.974.000.000

Kabupaten Wonosobo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Seconegoro.


Geografi

Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang.

Ibukota Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten, yang merupakan daerah hulu Kali Serayu. Wonosobo dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto.

Pembagian administratif
Peta pembagian wilayah di Kabupaten Wonosobo.

Kabupaten Wonosobo terdiri atas 15 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosobo.

Etimologi

Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa: Wanasaba, yang secara harafiah berarti: "tempat berkumpul di hutan". Bahasa Jawa sendiri mengambilnya dari Bahasa Sansekerta: vanasabhā yang artinya kurang lebih sama. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: "Sabhaparwa" dan "Wanaparwa".

Pariwisata

1. Kawasan Wisata Dieng
2. Waduk Wadaslintang
3. Agrowisata Tambi
4. Air Terjun Sikarim
5. Telaga Menjer
6. Pemandian Wisata Kalianget
7. Wisata Religi
8. Curuk Winong
9. Pemandian dan kolam renang Mangli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar